Surat Permintaan Klarifikasi pada Sekjen Kemenkes Bocor, Ombudsman RI Berikan Penjelasan  

    Surat Permintaan Klarifikasi pada Sekjen Kemenkes Bocor, Ombudsman RI Berikan Penjelasan  
    Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais

    Jakarta – Dalam dua pekan terakhir, beredar luas di masyarakat sebuah Surat Penolakan Layanan Vaksinasi Bagi Anak di mana salah satunya melampirkan Surat Permintaan Klarifikasi dari Ombudsman RI kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan. Surat tersebut diduga disusun oleh orang tua atau wali murid siswa sekolah sebagai bentuk pernyataan bahwa yang bersangkutan menolak pelaksanaan vaksinasi bagi anaknya serta penolakan terhadap paksaan dan bentuk intimidasi lain yang mungkin terjadi. Belakangan diketahui, surat penolakan ini menjadi polemik di antara para orang tua atau wali murid tidak hanya di Jakarta, namun tersebar juga ke berbagai daerah.

    Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais menyampaikan bahwa salah satu tugas Ombudsman RI adalah menerima dan menindaklanjuti laporan atau pengaduan dari masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik. Berkaitan hal ini, Ombudsman telah menerima laporan masyarakat terkait permintaan informasi mengenai vaksinasi dari Kementerian Kesehatan. Sebagai tindak lanjut, Ombudsman meminta penjelasan secara tertulis kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan mengenai:

    Mekanisme permohonan informasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemenkes; dan Perkembangan tindak lanjut pengaduan Pelapor yang pernah disampaikan melalui berbagai kanal pengaduan Kemenkes.

    Berkenaan hal diatas, Indraza  menjelaskan bahwa Surat Permintaan klarifikasi kepada Sekjen Kemenkes tersebut merupakan salah satu bentuk proses pemeriksaan laporan, sehingga aksesnya bersifat terbatas terhadap para pihak pelapor, Ombudsman RI dan pihak terlapor.

    “Ombudsman menyayangkan bahwa terdapat pihak yang menyebarluaskan surat permintaan klarifikasi tersebut dan digunakan untuk tujuan lain selain proses pemeriksaan di internal Ombudsman RI, ” ujarnya, Selasa (18/1/2022) di Jakarta.

    Selain menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat, Ombudsman juga secara aktif melakukan pengawasan pelaksanaan vaksinasi di berbagai daerah baik dari segi ketersediaan, distribusi dan pelaksanaan vaksinasi.

    “Ombudsman mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan percepatan pelaksanaan vaksinasi, serta mengawasi kecukupan ketersediaan dan distribusi vaksin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia guna mencapai kekebalan komunal (herd immunity) sebagai salah satu upaya penanggulangan pandemi Covid-19, ” tegas Indraza.

    Indraza berharap, kedepannya pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan tertib dan transparan dan penuh kehati-hatian dengan memitigasi setiap risiko yang mungkin terjadi, serta diperlukan upaya sosialisasi dan edukasi yang lebih masif dan persuasif, sehingga masyarakat dapat dengan mudah temagami manfaat dan keamaan vaksinasi bagi kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya. (***)

     

     

    Jakarta DKI JAKARTA
    Lukman Hakim

    Lukman Hakim

    Artikel Sebelumnya

    Harris Hotel Batam Centre,Menawarkan Perayaan...

    Artikel Berikutnya

    Terima Sertifikat CSFA dari BPK, Kapolri...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Asep Ucu SN

    Asep Ucu SN verified

    Postingan Bulan ini: 20

    Postingan Tahun ini: 170

    Registered: Jul 14, 2021

    Uce Saepudin

    Uce Saepudin verified

    Postingan Bulan ini: 9

    Postingan Tahun ini: 40

    Registered: Sep 6, 2021

    Aleks Waine

    Aleks Waine verified

    Postingan Bulan ini: 9

    Postingan Tahun ini: 28

    Registered: Dec 8, 2021

    Iswan Dukomalamo

    Iswan Dukomalamo verified

    Postingan Bulan ini: 4

    Postingan Tahun ini: 51

    Registered: Dec 7, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Polsek Pulosari Patroli Gabungan Amankan Kuda Lumping Malam Takbiran
    Fokus Destinasi Wisata, Kepala BPN Dorong Investor ke Pandeglang
    Lima Tips Konsumsi Makanan Saat Lebaran Ala Pakar UNAIR 
    Jelang Lebaran, Polres Pandeglang Terus Laksanakan Operasi Miras

    Follow Us

    Recommended Posts

    Laka Lantas di Jalan Simpang-Binuangeun 1 Orang Meninggal Ditempat
    Pekon Trimulyo Kembali Salurkan BLT DD Periode April Mei, Pratin Terapkan Aturan Belanja Di Bundes Pekon
    Dosen UNAIR, Lingkungan Bisa Mempengaruhi Seseorang Menjadi Homoseksual
    Perkuat Sinergi, ITS Teken MoU dengan Unisma
    Unija Perintis Rumah Restorative Justice, Pertama di PT